Dampak Positif Bermain Game Untuk Kesehatan

Dampak Positif Bermain Game

Kebanyakan orang berkata bahwa bermain game adalah kegiatan yang membuang buang waktu, kekanak kanakan dan tidak sehat. padahal Dampak Positif Bermain Game ini ternyata ada. seiring berjalan nya waktu industri game semakin canggih dan semakin hebat bahkan sekarang bermain game adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh orang banyak.



Beberapa tahun ini banyak penelitian dampak bermain game pada seseorang, ternyata bermain game itu ada sisi positif nya, seperti yang saya tuliskan hari ini, berikut adalah Dampak Positif Bermain Game Untuk Kesehatan.

Meningkatkan Kerjasama Tangan Dan Mata

Salah satu  keuntungan bermain game adalah kita bisa meningkatkan kerjasama tangan dan mata, contohnya saat kita bermain game perang. hubungan antara video game dengan kemampuan motorik sudah diketahui banyak ahli, contohnya pada game game yang memiliki tempo permainan yang tinggi seperti game First Person Shooter atau FPS.

Game First Person Shooter (FPS) ini sangat berperan besar untuk meningkatkan kemampuan motorik dan membantu kita untuk cepat dalam mengambil keputusan.

Dapat Menghilangkan Stress

Banyak orang yang sudah mengatakan bahwa bermain game ini dapat menghilangkan rasa stress, dengan bermain game ini otak akan melepaskan beban beban hidup dan melupakan semua masalah yang ada untuk sementara waktu.

Contohnya saat kita bermain game GTA, game ini sangat disarankan untuk kita saat lagi stress karena di game ini kita bisa berbuat semaunya, dan akan membuat otak kita lebih santai, tetapi kita jangan bermain game yang bisa menambah stress kita contoh nya bermain game Eryi's Action, carilah game game yang gokil supaya kita tidak stress.

Selain menghilangkan rasa stress, game juga dapat dijadikan tempat kita untuk bersosialisasi bagi orang pemalu.

Baca juga: Cara Teraneh Untuk Berhenti Kecanduan Game Di Tiongkok


Membuat Kita Lebih Bijak Dalam Membuat Keputusan


Mulai sekarang banyak sekali game yang menampilkan keputusan moral dalam memutuskan alur ceritanya, setiap keputusan tersebut pasti bakalan ada konsekuensi nya di dalam masing masing game tersebut.

Di game strategi contohnya, kita harus berpikir secara kritis untuk menyerang lawan atau menyiapkan pasukan. Di game FPS juga sama dengan game strategi kita tidak hanya sekedar menembak musuh tetapi kita juga harus mampu berpikir secara kritis dan strategis untuk mengalahkan musuh.

Kemampuan yang terus diasah ini bakalan sangat membantu kita saat di dunia nyata nanti.

Meningkatkan Daya Memori Otak

Sebuah penelitian dari University Of California-Irvine menemukan bahwa bagian otak yang bernama hippocampus daerah otak yang berhubungan dengan memori dan hal kompleks bisa berubah karena memainkan game 3D.

Dari banyaknya orang yang ikut dalam penelitian tersebut, daya memori mereka mengalami peningkatan sebesar 12 persen.

Walau masih belum jelas bagaimana dan kenapa game tersebut bisa meningkatkan daya memori otak, para peneliti cukup gembira tentang penemuan mereka sehingga hal ini dapat diterapkan kepada orang yang daya memori otak nya dan kesadarannya bermasalah.


Itu dia dampak positif bermain game untuk kesehatan, tetapi ingat bermain game secukupnya saja karena hal yang berlebihan itu tidak baik.

Semoga bermanfaat ~

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

15 komentar

komentar
Anonymous
March 31, 2016 at 12:45 AM delete

hahaha benar banget gan dampak positif bermain game buat kesehatannya, tapi juga jangan terlalu sering , pilih waktu bermain jngn diatas 2 jam sehari (sebaiknya) dan dilakukan secara rutin saya rasa bisa maksimal tuh hehehe.

Reply
avatar
March 31, 2016 at 12:55 AM delete

Tapi dalam segi agama, banyak ruginya sob. Ini game menyesatkan

Reply
avatar
Gs
March 31, 2016 at 12:58 AM delete

Wahh gue banget nih :D hahah bener banget nih, apalagi pas poin Membuat Kita Lebih Bijak Dalam Membuat Keputusan. Itu sudah saya buktikan sendiri :D

Reply
avatar
March 31, 2016 at 2:07 AM delete

Setuju ane gan kalo main game itu bisa ngilangin stress juga hihi

Reply
avatar
March 31, 2016 at 6:44 AM delete

Setuju gua bro ,, ada dampak postif nya ?? sangat bermanfaat

Reply
avatar
March 31, 2016 at 4:20 PM delete

Haha diluar sana rata rata orang hanya menganggap game itu negatif. Setuju ane sama nih artikel

Reply
avatar
April 2, 2016 at 1:28 PM delete

Wkwk ente kalo lagi stress main apa emang ? :-d

Reply
avatar
April 2, 2016 at 1:29 PM delete

Iya gan, ane juga udah wkwk

Reply
avatar
April 2, 2016 at 1:30 PM delete

Itu tergantung diri kita masing masing gan, kalo kita bisa membagi waktu untuk bermain game sama beribadah game gabakalan menyesatkan kok

Reply
avatar
April 2, 2016 at 1:31 PM delete

Wkwk ane juga 2 jam-an gan, kalo diatas 2 jam badan dah pegel pegel hihi

Reply
avatar
April 7, 2016 at 1:52 AM delete

Setuju banget nih sama yang ngilanging stress , emang gmn gitu ya klo lagi stress maen game langsung ilang pasti stress nya

Reply
avatar

Tolong berkomentar yang relevan dan sopan